Kurikulum Informatika Fase D Tahun Pelajaran 2025/2026

 

Distribusi Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D per Semester

Kelas 7

Semester 1

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

Konsep himpunan data berstruktur kecil

Tabel sederhana

Siswa mampu mengidentifikasi contoh tabel sederhana dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, daftar belanja) dan membuat tabel sederhana dengan 2-3 kolom menggunakan kertas atau alat digital sederhana.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Dekomposisi

Siswa mampu memecah tugas sederhana (misalnya, membuat jadwal harian) menjadi langkah-langkah kecil secara berurutan.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Pengenalan pola

Siswa mampu mengidentifikasi pola sederhana dalam data (misalnya, pola jumlah pengunjung pasar setiap hari).

Literasi Digital

Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet

Mesin pencari, kata kunci, dan evaluasi hasil pencarian

Penggunaan mesin pencari

Siswa mampu menggunakan mesin pencari dengan kata kunci sederhana untuk menemukan informasi (misalnya, mencari nama tanaman lokal).

Literasi Digital

Mengetahui kredibilitas sumber informasi digital

Kredibilitas informasi digital dan media pers digital

Kredibilitas sumber

Siswa mampu mengenal perbedaan antara sumber informasi yang dapat dipercaya dan tidak (misalnya, situs resmi vs. rumor).

Literasi Digital

Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital

Word processing, spreadsheet, presentasi

Pengolahan kata (word processing)

Siswa mampu membuat dokumen sederhana (misalnya, surat pendek) menggunakan aplikasi pengolah kata.

Semester 2

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep lembar kerja pengolah data

Konsep lembar kerja (spreadsheet)

Pengenalan spreadsheet

Siswa mampu mengenal fungsi dasar spreadsheet (misalnya, memasukkan data ke dalam sel) menggunakan aplikasi sederhana atau simulasi kertas.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Algoritma

Siswa mampu membuat langkah-langkah sederhana untuk menyelesaikan tugas sehari-hari (misalnya, cara menanam tanaman).

Berpikir Komputasional

Menuliskan sekumpulan instruksi dengan pseudocode

Format pseudocode dan simbol algoritmik

Pseudocode

Siswa mampu memahami konsep pseudocode melalui contoh sederhana (misalnya, langkah membuat teh) dalam bahasa sehari-hari.

Literasi Digital

Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital

Word processing, spreadsheet, presentasi

Presentasi

Siswa mampu membuat slide sederhana (2-3 slide) untuk menyampaikan ide (misalnya, tentang lingkungan desa).

Literasi Digital

Mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer

Hardware, software, jaringan LAN/WAN, internet, kabel & nirkabel

Komponen komputer

Siswa mampu menyebutkan komponen utama komputer (misalnya, monitor, CPU, keyboard) dan fungsinya.

Literasi Digital

Mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital

Etika digital: empati, toleransi, jejak digital

Etika digital

Siswa mampu memahami pentingnya berkomunikasi dengan sopan di dunia digital (misalnya, tidak mengejek di komentar).

Kelas 8

Semester 1

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

Konsep himpunan data berstruktur kecil

Tabel sederhana

Siswa mampu mengorganisasi data sederhana (misalnya, daftar nama teman dan hobi) ke dalam tabel dengan 3-4 kolom menggunakan aplikasi spreadsheet sederhana.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Dekomposisi

Siswa mampu mengaplikasikan dekomposisi untuk menyelesaikan masalah sederhana (misalnya, merencanakan perjalanan ke pasar) dengan membuat daftar langkah-langkah.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Pengenalan pola

Siswa mampu mengaplikasikan pola untuk memprediksi hasil sederhana (misalnya, jumlah buah yang dibeli berdasarkan pola mingguan).

Literasi Digital

Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet

Mesin pencari, kata kunci, dan evaluasi hasil pencarian

Penggunaan mesin pencari

Siswa mampu memilih kata kunci yang lebih spesifik untuk mencari informasi (misalnya, manfaat tanaman tertentu) dan mengidentifikasi hasil yang relevan.

Literasi Digital

Mengetahui kredibilitas sumber informasi digital

Kredibilitas informasi digital dan media pers digital

Kredibilitas sumber

Siswa mampu mengidentifikasi tanda-tanda sumber kredibel (misalnya, situs dengan domain resmi) dan membedakan fakta dari opini.

Literasi Digital

Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital

Word processing, spreadsheet, presentasi

Presentasi

Siswa mampu membuat presentasi dengan 4-5 slide yang terstruktur dengan gambar dan teks sederhana.

Semester 2

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep lembar kerja pengolah data

Konsep lembar kerja (spreadsheet)

Pengenalan spreadsheet

Siswa mampumemasukkan data sederhana ke dalam spreadsheet dan menggunakan fungsi dasar seperti SUM untuk menghitung total (misalnya, total pengeluaran belanja).

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Algoritma

Siswa mampu menuliskan algoritma sederhana untuk masalah tertentu (misalnya, menghitung pengeluaran mingguan) dalam bentuk langkah-langkah tertulis.

Berpikir Komputasional

Menuliskan sekumpulan instruksi dengan pseudocode

Format pseudocode dan simbol algoritmik

Pseudocode

Siswa mampu menuliskan pseudocode sederhana untuk masalah sehari-hari (misalnya, langkah memasak nasi) menggunakan format dasar.

Literasi Digital

Memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan

Hardware, software, jaringan LAN/WAN, internet, kabel & nirkabel

Jaringan komputer

Siswa mampu membedakan jaringan kabel dan nirkabel serta mengidentifikasi contoh penggunaannya.

Literasi Digital

Mengetahui jenis ruang publik virtual

Media sosial, blog, vlog, podcast

Ruang publik virtual

Siswa mampu membuat konten sederhana untuk ruang publik virtual (misalnya, posting teks di blog sekolah).

Literasi Digital

Memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital

Keamanan digital (password, malware, privasi data)

Keamanan digital

Siswa mampu mengidentifikasi ancaman malware sederhana dan cara melindungi perangkat.

Kelas 9

Semester 1

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

Konsep himpunan data berstruktur kecil

Tabel sederhana

Siswa mampu merefleksi kegunaan tabel dalam menyelesaikan masalah sederhana (misalnya, mengelompokkan data penjualan pasar) dan membuat tabel dengan kolom tambahan untuk analisis dasar.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Dekomposisi

Siswa mampu merefleksi bagaimana dekomposisi membantu menyelesaikan masalah kompleks (misalnya, mengatur acara kelas) dan membuat diagram langkah-langkah.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Pengenalan pola

Siswa mampu merefleksi kegunaan pengenalan pola dalam menyelesaikan masalah (misalnya, memprediksi kebutuhan stok toko) dan membuat representasi pola sederhana.

Literasi Digital

Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet

Mesin pencari, kata kunci, dan evaluasi hasil pencarian

Penggunaan mesin pencari

Siswa mampu mengevaluasi hasil pencarian berdasarkan relevansi dan merefleksi pentingnya memilih kata kunci yang tepat.

Literasi Digital

Mengetahui kredibilitas sumber informasi digital

Kredibilitas informasi digital dan media pers digital

Kredibilitas sumber

Siswa mampu merefleksi pentingnya memilih sumber kredibel dan membuat daftar kriteria untuk mengevaluasi sumber informasi.

Literasi Digital

Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital

Word processing, spreadsheet, presentasi

Pengolahan kata (word processing)

Siswa mampu membuat laporan sederhana dengan pengolah kata dan merefleksi manfaatnya untuk tugas sekolah.

Semester 2

Elemen

Kompetensi

Materi

Sub Materi

Tujuan Pembelajaran (TP)

Berpikir Komputasional

Memahami konsep lembar kerja pengolah data

Konsep lembar kerja (spreadsheet)

Pengenalan spreadsheet

Siswa mampu membuat laporan sederhana menggunakan spreadsheet dengan fungsi dasar (SUM, AVERAGE) dan merefleksi manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Berpikir Komputasional

Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan

Strategi berpikir komputasional

Algoritma

Siswa mampu merefleksi pentingnya algoritma dalam menyelesaikan masalah dan membuat algoritma untuk tugas yang lebih kompleks (misalnya, merencanakan anggaran acara).

Berpikir Komputasional

Menuliskan sekumpulan instruksi dengan pseudocode

Format pseudocode dan simbol algoritmik

Pseudocode

Siswa mampu membuat pseudocode untuk masalah dengan data terstruktur (misalnya, menghitung total belanja dari daftar barang) dan merefleksi keefektifannya.

Literasi Digital

Mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer

Hardware, software, jaringan LAN/WAN, internet, kabel & nirkabel

Komponen komputer

Siswa mampu mendeskripsikan cara kerja komputer secara sederhana dan merefleksi peranannya dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi Digital

Memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan

Hardware, software, jaringan LAN/WAN, internet, kabel & nirkabel

Jaringan komputer

Siswa mampu mendeskripsikan peran internet dalam kehidupan sehari-hari dan merefleksi dampaknya di lingkungan pedesaan.

Literasi Digital

Mengetahui jenis ruang publik virtual

Media sosial, blog, vlog, podcast

Ruang publik virtual

Siswa mampu merefleksi dampak positif dan negatif ruang publik virtual dan membuat konten bertanggung jawab.

Literasi Digital

Memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital

Keamanan digital (password, malware, privasi data)

Keamanan digital

Siswa mampu merefleksi pentingnya menjaga privasi data dan membuat panduan sederhana tentang keamanan digital.

Literasi Digital

Mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital

Etika digital: empati, toleransi, jejak digital

Etika digital

Siswa mampu merefleksi dampak jejak digital dan membuat konten digital yang mencerminkan empati serta toleransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kompetensi

TUGAS POSTINGAN BLOG

KETENTUAN PENILAIAN POSTINGAN Tentukan Judul Postingan " TUGAS POSTINGAN BLOG " Tentukan Label "INFORMATIKA 2025" Kriter...