Interaktif Kurikulum Informatika Fase D Tahun Pelajaran 2025/2026

Dasbor Kurikulum Informatika Fase D

Dasbor Kurikulum Informatika

Fase D (Kelas 7, 8, 9) - Berdasarkan Kurikulum Merdeka

Tujuan Utama Fase D

Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan struktur kurikulum Informatika Fase D secara komprehensif. Tujuannya adalah untuk membantu para guru memahami alur pembelajaran, dari Capaian Pembelajaran (CP) hingga kegiatan di kelas, yang terbagi dalam dua elemen utama: Berpikir Komputasional (BK) dan Literasi Digital (LD). Gunakan dasbor ini untuk menjelajahi materi, alokasi waktu, dan tujuan pembelajaran di setiap jenjang kelas.

🧠 Berpikir Komputasional (BK)

Siswa belajar menyelesaikan masalah kompleks dengan menguraikannya (dekomposisi), mengenali pola, menyusun langkah logis (algoritma), dan mengabstraksi informasi. Keterampilan ini diterapkan melalui analisis data terstruktur menggunakan spreadsheet dan penulisan instruksi dalam format pseudocode.

  • Konsep data terstruktur
  • Analisis data & spreadsheet
  • Algoritma & Pemrograman (Pseudocode)

💻 Literasi Digital (LD)

Siswa menjadi pengguna teknologi yang cerdas dan bertanggung jawab. Ini mencakup kemampuan mencari dan mengevaluasi informasi, memahami cara kerja komputer dan jaringan, memproduksi konten digital, serta mengamalkan etika dan keamanan digital untuk melindungi diri di dunia maya.

  • Mesin pencari & evaluasi informasi
  • Perangkat keras, lunak, & jaringan
  • Produksi konten & etika digital
  • Keamanan & privasi data

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN SUMATIF KELAS 7 ( SMT. GENAP ) _KURIKULUM MERDEKA

UJI KOMPETENSI KELAS 8 ( SMT GENAP )

UJI KOMPETENSI KELAS 9 ( SMT GENAP )