CAPAIAN PEMBELAJARAN ( CP ) INFORMATIKA KELAS 7 KURIKULIM MERDEKA 2024
YAYASAN PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH
MTs FUTUHIYYAH 2
MRANGGEN
Alamat : Jl.
Suburan Tengah Kec. Mranggen 59567 Kab. Demak Prop. Jawa Tengah
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
Satuan Pendidikan :
MTS FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN
Mata Pelajaran :
Informatika
Fase / Kelas :
D / VII
Semester :
1 dan 2
Tahun Ajaran :
2024/2025
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Berpikir
Komputasional ( BK ) |
Peserta didik mampu memahami
konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep
lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam
menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana
dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang
diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan
menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. |
Literasi Digital ( LD ) |
Peserta didik mampu memahami cara
kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas
sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital;
membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital
untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data;
mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami
konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel
maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami
pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami
pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di
dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang
aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah
informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan
identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam
dunia digital. |
Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024
Komentar
Posting Komentar