ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA 2024
YAYASAN
PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH
MTs FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN
Alamat : Jl. Suburan Tengah Kec. Mranggen 59567 Kab. Demak Prop. Jawa Tengah
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)
Satuan Pendidikan :
MTS FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN
Mata Pelajaran :
Informatika
Fase / Kelas :
D / VII
Semester :
1 dan 2
Tahun Ajaran :
2024/2025
Semester |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Tujuan Pembelajaran |
Kata Kunci |
Materi |
Alokasi Waktu |
Smt.1 |
Berpikir Komputasion |
Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data
terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja
pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan
persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume
kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada
berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan
sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi contoh himpunan data terstruktur dalam kehidupan
sehari-hari. |
Himpunan
data, terstruktur, contoh, kehidupan sehari-hari |
Pengertian
himpunan data, jenis-jenis data, contoh data terstruktur (tabel, database
sederhana) |
2 JP |
Peserta
didik mampu menjelaskan konsep dasar lembar kerja pengolah data
(spreadsheet). |
Lembar
kerja, spreadsheet, sel, baris, kolom |
Pengenalan
software spreadsheet, bagian-bagian lembar kerja, cara memasukkan data |
2 JP |
|||
Peserta
didik mampu membuat tabel sederhana untuk menyajikan data terstruktur. |
Tabel,
data terstruktur, sederhana |
Membuat
tabel, mengisi data, format table |
2 JP |
|||
Smt.2 |
|
|
Peserta
didik mampu melakukan operasi sederhana pada data dalam lembar kerja (misal:
penjumlahan, pengurangan, rata-rata). |
Operasi
data, rumus, fungsi |
Penggunaan
rumus dan fungsi dasar, membuat grafik sederhana |
2 JP |
Peserta
didik mampu menyajikan data dalam bentuk grafik sederhana. |
Grafik,
visualisasi data |
Jenis-jenis
grafik, membuat grafik dari data tabel |
2 JP |
|||
Peserta
didik mampu menuliskan pseudocode sederhana untuk menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan data terstruktur (misal: mencari nilai tertinggi, terendah). |
Pseudocode,
algoritma, masalah sederhana |
Pengertian
pseudocode, contoh pseudocode sederhana, membuat pseudocode |
2 JP |
Smt.1 |
Literasi Digital |
Peserta didik mampu memahami cara
kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas
sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital;
membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital
untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data;
mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan
konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan
mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital
untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami
pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di
dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang
aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah
informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan
identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia
digital. |
Peserta
didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet. |
Mesin
pencari, kata kunci, hasil pencarian |
Jenis
mesin pencari, cara melakukan pencarian efektif, evaluasi hasil pencarian |
2 JP |
Peserta
didik mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem
media pers digital. |
Kredibilitas,
sumber informasi, media pers digital |
Ciri-ciri
sumber informasi yang kredibel, jenis media pers digital, hoaks |
2 JP |
|||
Peserta
didik mampu membedakan fakta dan opini. |
Fakta,
opini, berita |
Unsur-unsur
berita, ciri-ciri fakta dan opini, analisis berita |
2 JP |
|||
Peserta
didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer. |
Komputer,
hardware, software |
Bagian-bagian
komputer, fungsi masing-masing komponen, sistem operasi |
2 JP |
|||
Smt.2 |
|
|
Peserta
didik memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet
baik kabel maupun nirkabel. |
Jaringan,
LAN, internet, Wi-Fi |
Pengertian
jaringan, topologi jaringan, cara kerja internet, Wi-Fi |
2 JP |
Peserta
didik mengetahui jenis ruang publik virtual. |
Ruang
publik virtual, media sosial, forum diskusi |
Contoh
ruang publik virtual, etika di ruang publik virtual, dampak positif dan
negatif |
2 JP |
|||
Peserta
didik memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi
konten. |
Produksi
konten, diseminasi, media sosial |
Membuat
konten digital sederhana (teks, gambar, video), platform berbagi konten |
2 JP |
|||
Peserta
didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital. |
Rekam
jejak digital, privasi |
Apa
itu rekam jejak digital, cara menjaga privasi di dunia digital, dampak buruk
rekam jejak digital yang buruk |
2 JP |
|||
Peserta
didik mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital. |
Toleransi,
empati, perundungan digital |
Etika
berkomunikasi di dunia digital, dampak perundungan digital, cara mencegah
perundungan digital |
2 JP |
|||
Peserta
didik memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware. |
Malware,
virus, antivirus |
Jenis-jenis
malware, cara mencegah infeksi malware, penggunaan antivirus |
2 JP |
|||
Peserta
didik memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data
pribadi dan identitas digital. |
Data
pribadi, identitas digital, keamanan data |
Pentingnya
menjaga data pribadi, cara melindungi data pribadi, risiko kebocoran data |
2 JP |
|||
Peserta
didik memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital. |
Mindfulness,
keseimbangan digital |
Dampak
penggunaan gadget yang berlebihan, pentingnya keseimbangan antara
dunia digital dan nyata |
2 JP |
Komentar
Posting Komentar