TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP ) INFORMATIKA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA 2024

 

YAYASAN PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH

MTs FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN

Alamat : Jl. Suburan Tengah Kec. Mranggen 59567 Kab. Demak Prop. Jawa Tengah

 


TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP )

 

Satuan Pendidikan                     : MTS FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN

Mata Pelajaran                          : Informatika

Fase / Kelas                              : D / VII

Semester                                  : 1 dan 2

Tahun Ajaran                            : 2024/2025

 

ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Berfikir Komputasional

Siswa mampu:

·         Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mampu merealisasikan penerapan konsep Informatika yang terdapat pada setiap soal dalam kehidupan sehari­hari.

·         Peserta didik mampu menjelaskan konsep dasar lembar kerja pengolah data (spreadsheet).

·         Peserta didik mampu membuat tabel sederhana untuk menyajikan data terstruktur.

 

Siswa mampu:

·        Peserta didik mampu melakukan operasi sederhana pada data dalam lembar kerja (misal: penjumlahan, pengurangan, rata-rata).

·        Peserta didik mampu menyajikan data dalam bentuk grafik sederhana.

·        Peserta didik mampu menuliskan pseudocode sederhana untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data terstruktur (misal: mencari nilai tertinggi, terendah).

 

Literasi Digital

Siswa mampu:

·        Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet.

·        Peserta didik mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital.

·        Peserta didik mampu membedakan fakta dan opini.

·        Peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer.

Siswa mampu:

·        Peserta didik memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel.

·        Peserta didik mengetahui jenis ruang publik virtual.

·        Peserta didik memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten.

·        Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital.

·        Peserta didik mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital.

·        Peserta didik memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware.

·        Peserta didik memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital.

·        Peserta didik memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN SUMATIF KELAS 7 ( SMT. GENAP ) _KURIKULUM MERDEKA

UJI KOMPETENSI KELAS 8 ( SMT GENAP )

UJI KOMPETENSI KELAS 9 ( SMT GENAP )