TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP ) INFORMATIKA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA 2024
YAYASAN PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH
MTs FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN
Alamat : Jl. Suburan Tengah Kec. Mranggen
59567 Kab. Demak Prop. Jawa Tengah
TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP )
Satuan Pendidikan :
MTS FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN
Mata Pelajaran :
Informatika
Fase / Kelas :
D / VII
Semester :
1 dan 2
Tahun Ajaran :
2024/2025
ELEMEN |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
Berfikir Komputasional |
Siswa mampu: ·
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh himpunan
data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mampu
merealisasikan penerapan
konsep Informatika yang terdapat
pada setiap soal
dalam kehidupan seharihari. ·
Peserta
didik mampu menjelaskan konsep dasar lembar kerja pengolah data
(spreadsheet). ·
Peserta didik mampu membuat tabel
sederhana untuk menyajikan data terstruktur. |
Siswa mampu: ·
Peserta
didik mampu melakukan operasi sederhana pada data dalam lembar kerja (misal:
penjumlahan, pengurangan, rata-rata). ·
Peserta
didik mampu menyajikan data dalam bentuk grafik sederhana. ·
Peserta didik mampu menuliskan
pseudocode sederhana untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
terstruktur (misal: mencari nilai tertinggi, terendah). |
|
Literasi
Digital |
Siswa mampu: ·
Peserta
didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet. ·
Peserta
didik mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem
media pers digital. ·
Peserta
didik mampu membedakan fakta dan opini. ·
Peserta
didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer. |
Siswa mampu: ·
Peserta
didik memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet
baik kabel maupun nirkabel. ·
Peserta
didik mengetahui jenis ruang publik virtual. ·
Peserta
didik memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi
konten. ·
Peserta
didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital. ·
Peserta
didik mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital. ·
Peserta
didik memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware. ·
Peserta
didik memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data
pribadi dan identitas digital. ·
Peserta
didik memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital. |
Komentar
Posting Komentar